Muspika Cibitung Gelar Rapat Petakan Titik Banjir

CIBITUNG – Muspika Kecamatan Cibitung menggelar rapat terkait pemetaan titik-titik banjir di wilayahnya, menyusul mulai datangnya musim hujan. Pertemuan ini menindaklanjuti rapat dengan para kepala desa dan lurah membahas persiapan dan penanganan banjir di Kecamatan Cibitung.

Camat Cibitung, Encun Sunarto mengatakan, rapat Muspika Kecamatan Cibitung digelar merespon mulai tingginya curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini.

“Pertama kita memetakan titik-titik yang kemungkinan terjadi banjir berdasarkan masukan dari para kepala desa dan lurah. Hal ini dapat mempermudah sasaran perihal penanggulangan jika terjadi banjir nantinya,”ucap Encun, Jumat (12/11/21).

Dalam rapat tersebut disepakati beberapa upaya penanganan banjir, diantaranya, Muspika Kecamatan Cibitung akan membangun posko atau tempat evakuasi di lokasi yang telah dipetakan, dengan memperhatikan sarana dan prasarana tempat evakuasi bagi warga terdampak banjir.

“Kami juga akan melibatkan para ketua RT dan RW, relawan, tenaga medis, TNI dan Polri, Satpol PP dan Linmas yang akan ditempatkan di lokasi evakuasi agar penanganannya dapat lebih maksimal,”katanya.

Selain itu, akan dibangun dapur umum sebagai pusat pasokan logistik bagi warga yang mengungsi di lokasi evakuasi, sehingga penanganan dan penanggulangan banjir terkonsep dengan baik.

“Iya kita juga akan membangun dapur umum sebagai unit strategis ketika terjadi bencana, kita perlu memikirkan dengan rinci dan gamblang agar penanganan banjir dapat berjalan dengan tepat sasaran,”ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *