Cegah Banjir, Pemcam Babelan Bersihkan Kali Baru Desa Kedung Pengawas

BABELAN – Pemerintah Kecamatan Babelan melakukan bersih-bersih kali baru yang berada di Desa Kedung Pengawas pada Jumat (02/12). Langkah tersebut dilakukan sebagai antisipasi terjadinya banjir pada musim penghujan.

Sekretaris Camat Babelan Beny Yusnandar menyampaikan, bersih-bersih kali bersama warga dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) diharapkan dapat mengurangi terjadi banjir di musim hujan akhir tahun ini.

“Kami mengadakan kegiatan bersih-bersih saluran yang berada di kali baru di Gang Perlan secara manual dengan menggunakan bambu, lalu sampah itu diangkut dengan mobil dari Dinas Lingkungan Hidup ke TPA Burangkeng,” katanya.

Beny menjelaskan, kondisi tumpukan sampah di kali tersebut cukup memprihatinkan sebab hampir menutupi permukaan sungai. Tumpukan sampah itu dari hulu sungai sehingga harus ada aksi nyata untuk membersihkannya.

“Ya, betul mayoritas sampah yang dari sini adalah bukan sampah dari kami, tetapi sampah dari hulu yang mengalir, sehingga mengakibatkan sampah menumpuk di sini,” ungkapnya.

Salah satu anggota FPRB Kecamatan Babelan, Rijal menambahkan, ketika sudah dibersihkan bersama-sama kondisi kali baru itu sudah bersih.

“Alhamdulillah sekarang air tersebut sudah mengalir bahkan sudah bersih di kali baru itu, mungkin perlu perbaikan dipinggirnya turap untuk menahan ketika air naik ke pemukiman warga,” terangnya.

Pos terkait