Apapun Hasil Keputusan MK, KPU Pastikan Tak Akan Undur Pemilu

JAKARTA – Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik memastikan penyelenggaraan Pemilu tidak akan terganggung dengan hasil siding putusan Mahkamah Konstitusi terkait system pemilu yang akan digelar pada Kamis (15/06/2023). Apapun putusan MK, tahapan Pemilu 2024 tetap akan berjalan sesuai jadwal.

“Penyelenggaraan Pemilu harus tepat waktu. Tepat waktu ini merupakan aktualisasi dari prinsip berkepastian hukum,” kata Idham Holik kepada wartawan pada Rabu (14/6/2023).

Bacaan Lainnya

KPU, tegasnya, tidak akan terpengaruh degan hasil keputusan MK, terutama jika keputusannya proposonal tertutup. KPU tetap akan melaksanakan Pemilu pada 14 Februari 2024.

“KPU sudah menetapkan Rabu 14 Februari 2024 adalah hari pemungutan suara. Insyaallah semua ini akan berjalan sesuai apa yang ditetapkan oleh KPU dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022,” ujarnya.

Idham mengatakan KPU akan menghadiri sidang putusan sistem Pemilu besok secara online. KPU merupakan pihak yang menghadiri sidang putusan tersebut karena berkaitan langsung sebagai penyelenggara Pemilu.

“Mengingat persidangan diselenggarakan di masa transisi endemi Corona COVID-19, jadi memungkinkan hadir secara daring,” katanya. (**)

 

Pos terkait