Ketum FHI Jabar, H. Syahrir Semangati Tim Hockey Indoor Jabar Juara di PON XXI 2024

BANDUNG – Ketua Umum Pengprov Federasi Hockey Indonesia (FHI) Jabar, H. Syahrir mengatakan, babak kualifikasi menjadi syarat bagi setiap daerah agar bisa tampil pada putaran final PON XXI tahun 2024 mendatang di Sumatera Utara dan Aceh. Tim yang berhak tampil di putaran final PON XXI yakni tim yang menempati posisi tiga besar di setiap pool, baik putra maupun putri.

“Babak kualifikasi PON XXI hockey indoor ini diikuti 16 provinsi se-Indonesia baik putra dan putri. Jawa Barat sendiri memastikan lolos dengan menempati juara pool dengan nilai sempurna tanpa kekalahan baik di putra maupun putri. Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan semoga bisa merangsang lahirnya atlet-atlet hockey potensial lain di Jabar sebagai pelapis atlet senior,” kata H. Syahrir saat dihubungi melalui telepon selulernya, Sabtu (15/7/2023).

Bacaan Lainnya

Meski demikian, H. Syahrir meminta para atlet untuk tidak cepat berpuas diri dan jemawa dengan pencapaian prestasi yang sudah diraih di babak kualifikasi. Pasalnya, perjuangan meraih medali emas di PON XXI untuk mendukung target Jabar Hattrick Juara baru dimulai.

“Harapan kita semua untuk mempertahankan dan meningkatkan raihan medali emas di PON XXI, semoga bisa tercapai. Baik di indoor putra yakni mempertahankan medali emas, begitu pula di indoor putri dan hockey outdoor,” kata H. Syahrir.

Performa para atlet yang sangat luar biasa di babak kualifikasi, lanjut H. Syahrir, bisa terus berlanjut dan meningkat hingga pelaksanaan PON XXI tahun 2024 mendatang. Prestasi yang diraih di babak kualifikasi merupakan buah dari kerja keras para atlet, pelatih, tim ofisial, jajaran pengurus FHI Jabar, hingga semua stakeholder terkait yang mendukung perjuangan tim hockey indoor Jabar.

“Kami sangat berterimakasih kepada smeua pihak yang sudah terlibat dalam persiapan tim hockey indoor Jabar hingga pelaksanaan babak kualifikasi ini. Tetap semangat dan mari berjuang bersama untuk meraih harapan dan target kita semua yakni meraih medali emas PON XXI cabang olahraga hockey di semua nomor yang dipertandingkan,” kata H. Syahrir.

Performa mengagumkan ditampilkan tim hockey indoor putra dan putri Jawa Barat pada pelaksanaan babak kualifikasi PON XXI yang digelar di Eden Sport Pengasinan Depok, 7-15 Juli 2023. Jabar pun memastikan diri lolos ke putaran final PON XXI cabang olahraga hockey indoor putra dan putri usai tampil sebagai kampiun di grup masing-masing.

Di kelompok putra, tim hockey indoor Jabar tergabung di pool A yang dihuni tim-tim terkuat di Tanah Air. Jabar bergabung bersama DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Timur, DIY, Lampung dan Bali.

Meski berada di pool berat, namun tim hockey indoor Jabar mampu memperlihatkan performa mengagumkan dengan melakukan sapu bersih pertandingan dengan kemenangan. Pada babak penyisihan pool A putra, Jabar bertanding sebanyak enam kali.

Pada laga pertama, Jabar mengalahkan tim Lampung dengan skor 22-0. Lalu menekuk Kalimantan Timur dengan skor 12-0, menang atas DI Yogyakarta dengan skor 13-2, kemudian menghentikan perlawanan Banten dengan skor 4-1, dan mengalahkan Bali dengan skor 20-0. Pada laga terakhir Pool A putra, Jabar berhasil mengalahkan DKI Jakarta dengan skot 6-0.

Lalu di kelompok putri, tim hockey indoor Jabar tergabung di Pool C. Jabar tergabung bersama Papua, Papua Barat, NTB, Bengkulu, Lampung dan Sumatera Barat.

Dari enam laga yang dijalani, tim hockey indoor putri Jabar pun tampil dominan dengan meraih kemenangan. Tim putri Sumatera Barat menjadi ‘korban’ pertama Jabar dan harus menelan kekalahan 27-0.

Kemenangan besar pun diraih Jabar atas Bengkulu dengan skor 34-0 di laga kedua. Lalu mengalahkan Lampung dengan skor 11-0, Papua Barat dengan skor 13-0, mencukur tim NTB dengan skor 10-0, dan terakhir menekuk tim Papua dengan skor 5-0. (**)

Pos terkait