Permintaan Pasar Tinggi, Peluang Bisnis Menggiurkan Budidaya Ikan

KABUPATEN BEKASI – Budidaya ikan menjadi peluang bisnis menggiurkan di Kabupaten Bekasi. Pasalnya, produksi ikan di Kabupaten Bekasi belum mampu memenuhi kebutuhan permintaan pasar.

Hal tersebut diakui Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Iman Santoso. Jika digarap serius, budidaya ikan dapat memberikan cuan yang lumayan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kami mendorong dalam budidaya ikan. Produksi ikan di Kabupaten Bekasi juga, saat ini masih belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Jadi jelas, pengembangan budidaya ikan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan bagi warga,” ujarnya Senin (24/7/2023).

Berdasarkan data Dinas Perikanan, ketersediaan ikan konsumsi warga Kabupaten Bekasi per tahun mencapai 152.703 ton sehingga masih ada selisih 63.336 ton untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Ikan hasil budidaya dan perikanan tangkap di Kabupaten Bekasi saat ini baru mencapai 89.367 ton per tahun. Jadi, meski melebihi target yang ditetapkan namun masih belum mencukupi kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Maka, kata iman, potensi dalam pengembangan bisnis dalam budidaya ikan, menjadi peluang usaha yang memungkinkan bagi masyarakat. Bahkan setiap tahun produksi ikan di Kabupaten Bekasi terus mengalami peningkatan.

Meskipun, belum mencukupi kebutuhan masyarakat sehingga bergantung dari pasokan daerah lain. ”Untuk menggeluti budidaya perikanan, budidaya tangkap, hingga usaha pengolahan hasil perikanan di Kabupaten Bekasi sangat potensial,” katanya. (**)

 

Pos terkait