BPBD Kabupaten Bogor Kirim 1000 Liter Air Bersih ke Warga Desa Sukaresmi

KABUPATEN BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mendistribusikan air bersih kesejumlah warga yang terdampak kekeringan. Memasuki musim kemarau ini, sumber mata air warga di beberapa wilayah Kabupaten Bogor mongering sehingga warga sulit memenuhi kebutuhan airnya.

“Beberapa hari ini ada suplai air bersih ke daerah yang mengalami krisis air atau kekeringan,” kata kepala Pelaksanaan  BPBD Kabupaten Bogor, Antara pada Sabtu (26/08/2023).

Bacaan Lainnya

Salah satu desa yang paling parah mengalami kekeringan terjadi di Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukamakmur. Tepatnya di Kampung Menteng, Cikupa, Desa Sukaresmi, tercatat ada 35 Kepala Keluarga dari tiga RT terdampak kekeringan.

Mereka pun telah mengajukan permintaan bantuan pengiriman suplai air bersih. “Jadi ini berbasis permintaan. Ada permintaan kita kirim, kalau layak menerima,” katanya.

Di desa ini, lanjut,  warga  kekurangan air bersih  paling parah dialami warga yang bermukim Kampung Menteng di satu RW  02 /02 /01 di tiga  RT.

Desa Sukaresmi selama ini memang salah satu Daerah  sebagai daerah yang kerap mengalami krisis air bersih saat kemarau. Dan untuk menanggulangi, sejauh ini sedikitnya dua truk tangki diterjunkan ke lokasi. Volume air yang sudah dikirim total telah mencapai sebanyak 1000 liter.

Jumlah itu dimungkinkan masih akan terus bertambah karena suplai air bersih akan terus dilakukan selama kemarau.

“Untuk sementara masih satu kampung  yang terdampak krisis air bersih, masih mendata permintaan pengiriman lainnya,” katanya.

Reporter : Indriyani

Pos terkait