Soal Spanduk Bacaleg dan Parpol, Bawaslu Kabupaten Bogor Dinilai Seperti Kura-kura Dalam Perahu

KABUPATEN BOGOR – Marak Spanduk bakal calon legislatif (bacaleg) dan spanduk Partai bertebaran di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Keberadaan spanduk kampanye Bacaleg dan Parpol itu pun bertebaran begitu saja, tak ada tindakan dari pemerintah daerah Kabupaten Bogor melalui Satpol PP.

Parahnya lagi, spanduk tersebut menempel di pohon dan tiang listrik. Keberadaanya pun membuat semrawut di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor.

Bacaan Lainnya

“Spanduk Bacaleg dan Partai yang dipasang tidak pada tempatnya dan juga belum waktunya kampanye, tapi Bawaslu dan Panwaslu diem aja, tidak ada tindakan tegas dari mereka,” ujar Aktivis Sosial dan Pemerhati Kinerja Aparatur Negara (LSM Penjara) Kabupaten Bogor, Romi Sikumbang pada Minggu (27/8/2023)

Lanjutnya, Bawaslu dan Panwaslu Kabupaten Bogor harusnya bersikap tegas terhadap pelanggaran tersebut. Sebaliknya, seperti kura-kura dalam perahu alias pura-pura tidak tahu terhadap spanduk tersebut.

“Sepatutnya Bawaslu dan Panwaslu melakukan tindakan tegas terhadap pelanggaran tersebut, bukan malah tutup mata dengan pelanggaran tersebut, Mereka harus bisa memberikan edukasi yang baik tentang Demokrasi kepada masyarakat,” tegasnya.

Romi juga menduga bahwa Bawaslu dan Panwaslu masuk angin sehingga tak mampu mengatasi pelanggaran tersebut yang mana hal ini bisa mencoreng citra buruk Proses Pemilu 2024.

“Kami menduga Bawaslu dan Panwaslu Kabupaten Bogor masuk angin, dah jelas banyak pelanggaran tapi tak ada tindakan penertiban, dan ini membuktikan bahwa lembaga tersebut tak mampu mengawasi proses pemilu sesuai aturan,”terangnya.

Untuk diketahui sebelumnya Ketua Banwaslu Irvan Firmansyah, S  kabupaten Bogor saat dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa Bawaslu tidak bisa menindak spanduk-spanduk yang bertebaran di jalan. Sebab, saat ini tidak ada aturan yang melarang spanduk harusnya dipasang dimana dan yang terpenting tidak boleh ada unsur ajakan.

“Yang tidak boleh ada unsur ajakan,” jawabnya.

Reporter : Indriyani

Pos terkait