Terapkan Kurikulum Merdeka, SMPN 2 Sukaraja Gelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

KABUPATEN BOGOR – Pelajar SMPN 2 Sukaraja menggelar kegiatan Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di lingkungan sekolah pada Selasa (15/08/2023).

Kegiatan dengan tem Bhineka Tunggal Ika agar para pelajar SMPN 2 Sukaraja dapat mempelajari dan memahami pembelajaran dari Kurikulum Merdeka.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang merupakan program sekolah diprogram kurikulum merdeka yaitu menyangkut dengan P5 yang temanya  Bhineka Tunggal Ika dengan topik Warna Budaya Nusantara yang ada di Indonesia,” jelas Kepala SMPN 2 Sukaraja, Dedi Sumardi.

Dedi mengatakan, dalam mempelajari P5, pihaknya mengadakan sebuah pentas seni yang diikuti ratusan siswa mulai dari kelas VII (tujuh) dan VIII (delapan).

“P5 ini dalam bentuk kegiatan pentas seni yang diadakan di lingkungan sekolah dengan diikuti ratusan siswa mulai dari kelas VII dan VIII, serta diikuti juga guru masing-masing kelas dengan menggunakan pakaian adat,” ungkapnya.

Dedi  berharap, dengan kegiatan Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat memberikan pembelajaran dan pengetahuan positive kepada para peserta didik SMPN 2 Sukaraja.

Serta dapat lebih mengenal luas ilmu wawasan budaya di Nusantara, mulai dari Sabang hingga Merauke.

“Pentas seni ini mengajarkan kepada peserta anak didik untuk lebih memahami, mengenal luas adat budaya di Nusantara bukan hanya di Kabupaten Bogor. Mulai dari budaya dari timur hingga barat dan semua ini imbas dari implementasi kurikulum merdeka dan kegiatan ini juga mengajarkan pembelajaran yang positive,” paparnya menjelaskan.

Dia menambahkan, peserta didik mengikuti pentas seni karya P5 langsung mendapatkan penilaian dari sejumlah guru di SMPN 2 Sukaraja.

“Dan alhamdulilah hasilnya pun sangat luar biasa, karena para peserta menampilkan pentas sangat maksimal serta siswa pun lebih mengetahui tarian adat, lagu dan pakaian adat,” tandasnya.

Reporter : Indriyani

Pos terkait