Desa Buanajaya Gelar Musrenbangdesa 2024

KABUPATEN BOGOR – Pemerintah Desa Buanajaya menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrebangdes) pada Selasa (12/09/2023) di Aula Desa Buanajaya.

Musrenbangdesa Buanajaya ini dihadir dalam Perangkat Desa, BPD, Camat, Ketua TP-PKK, Kader Posyandu, TPK Desa. Dinas Pertanian, Karang Taruna Desa, Kasipem, Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW dan tokoh alim ulama MUI setempat, Babinsa, kelompok Tani, Babinkantibmas, Pendamping Desa serta Kepala Sekolah.

Bacaan Lainnya

Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun 2024. Dimana rencana pembangunan tersebut bersumber dana, baik itu ADD, Satu Milyar Satu Desa (Samisades) Pendapatan Asli Desa, BanProv dan sumber dana lainnya.

Maksud dan tujuan dari Musrenbang Desa agar dilaksanakan model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa.  Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya Musrenbang desa yaitu :

  1. Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang.
  2. Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang tingkat kecamatan ta jungsari kabupaten Bogor.

Reporter : Indriyani/Dedi

Pos terkait