Kades Absen, Empat Kali Medias Sengketa Lahan di Desa Sukawangi Berakhir Gagal

KABUPATEN BOGOR – Mediasi sengketa lahan di Ciparingga, Desa Sukawangi buntu alias tidak menghasilkan titik temu. Sebelumnya beberapa pihak yang bersengketa melakukan pertemuan membahas sengketa lahan dengan luas 24 ribu meter itu pada Rabu (06/09/2023).

Sengketa tanah sawaah iyang terleta di Blok Cisureun, Kampung Ciparingga, Desa Sukawangi ini sudah empat kali melakukan pertemuan untuk mediasi. Namun selalu gagal menemukan titik temu atau kesepakatan.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Desa Sukawangi Ujang Solihin mengatakan, masalah sengketa lahan tanah kosong ini sudah berulang ulang melakukan mediasi. Bahkan melibatkan pihak ahli waris, pembeli dan beberapa pihak yang terkait sengketa lahan tersebut

“Hari ini sudah ke empat kali mediasi antara semua pihak namun masih belum ada titik temu, dan ada pihak tidak ada yang mau mengalah dan tetap pada pendirian mereka bahwa lahan tersebut milik mereka,” jelas Ujang Solihin.

Ujang Solihin menegaskan jika pihaknya hanya sebatas fasilitator. Pihaknya hanya  menghimbau agar semua pihak yang telrihat dapat menahan diri tidak memakai emosi dan ego masing-masing sehingga proses mediasi cepat mencapai kesepakatan.

“Semua pihak agar bisa menahan ego agar bisa mendapatkan kesepakatan, karena pada dasarnya jika diproses sesuai hukum pihak yang bersengketa semuanya pasti tidak bisa menunjukan surat surat yang sah dan berkekuatan hukum,” katanya.

Sementara itu dari pihak Muslim selaku pembeli menegaskan jika dia telah membeli lahan tersebut secara procedural. Tapi sayang, kata dia, pihak Kepala Desa tidak mau menandatangai karena ada pihak lain yang mengkalim tanah tersebut.

“Apalagi Kades juga selalu absen dan tidak hadir dalam setiap musyawarah sengketa tanah ini,” tandasnya.

Reporter : Indriyani

Pos terkait