Ratusan Warga Aksi Unjuk Rasa Kecam Pencemaran Limbah di Sungai Cileungsi Bogor

KABUPATEN BOGOR – Ratusan warga Kampung Cikuda, Desa Wanaherang melakukan aksi unjuk rasa di Jembatan Cikuda, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor pada Selasa (12/09/2023).  Aksi demo tersebut dilakukan karena pencemaran limbah perusahaak ke sungai Cileungsi, dimana airnya menjadi tumpuan warga sekitar memenuhi kebutuhan air.

“Ya kami melakukan aksi ini karena air di Sungai Cileungsi yang menjadi tempat kami untuk mengambil air, untuk kebutuhan sehari-hari tercemar limbah, airnya hitam dan bau gitu,” ujar seorang warga Desa Wanaherang, Samsuri.

Bacaan Lainnya

Pada aksi tersebut, warga memasang puluhan poster yang bertuliskan protes atas pencemaran limbah ke sungai Cileungsi itu. Bahkan, warga juga menilai Pemerintah Kabupaten Bogor tak berdaya dengan adanya pencemaran limbah yang diduga dilakukan perusahaan sekitar.

Warga juga menuntut agar perusahaan tidak mencemari limbahnya di sungai Cileungsi dan taat aturan. Apalagi sudah puluhan tahun kondisi itu mereka rasakan namun tidak ada perhatian dari semua pihak terutama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

“Dampak pencemaran tersebut, bau dan menganggu pernapasan dulunya bisa buat mandi dan lain sebagainya tapi sekarang jangan kan buat mandi buat cuci tangan aja gak bisa,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor serta aparat hukum agar  segera mengambil tindakan tegas mengusut penyebab dari tercemarnya sungai Cileungsi.

“Kami minta Pemkab Bogor DLH dan APH segera ambil tindakan usut tuntas penyebab kali Cileungsi tercemar dan Pemerintah Kabupaten Bogor harus bertanggungjawab atas hal ini,” tandasnya.

Reporter : Indriyani

Pos terkait