Dinkes Kabupaten Bogor Gelar Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

KABUPATEN BOGOR – Untuk meningkatkan kesehatan lingkungan dan mencegah penyakit berbasis lingkungan seperti diare dan juga stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menggelar deklarasi bersama ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kecamatan Sukamakmur pada Rabu (25/10/2023).

Acara di hadiri Dinkes Kabupaten Bogor, Ketua Forum Bogor Sehat, Muspika, Kepala Desa Sukamakmur, Sukamulya, Sirnajaya, Sukaharja dan Sukaresmi, kepala UPT Puskesmas Sukamakmur dan kepala UPT Puskesmas Sukadamai.

Bacaan Lainnya

Acara deklarasi diikuti oleh 5 Desa yang telah terverifikasi bebas dari perilaku BABS (buang air besar sembarangan), yaitu Desa Sukamakmur, Sukamulya, Sirnajaya, Sukaharja dan Sukaresmi.

Camat Sukamakmur Bakri Hasan mengatakan, deklarasi ODF ini yang ke 2 kalinya di kecamatan Sukamakmur, yang mana sebelumnya Desa Cibadak sudah melakukan deklarasi.

“Alhamdulillah sudah 6 desa berarti, yang sudah melakukan deklarasi ODF di Kecamatan Sukamakmur menggelar. Hanya tinggal 4 Desa lagi,” ucap Bakri Hasan.

Lebih lanjut, Bakri Hasan juga sudah bergerak melakukan sosialisasi terkait ODF atau BABS.

”Kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa BABS itu tidak baik bagi kesehatan,” tuturnya.

Ia berharap, dengan kegiatan deklarasi ODF ini dapat meningkatkan komitmen bersama untuk terus menjaga dan mempertahankan perilaku bersih sehat yang salah satunya adalah BAB di  dolbon dan jamban  yang sehat.

Reporter : Indriyani

Pos terkait