Telan Anggaran Rp.193 Juta, Penataan Taman Tematik Kantor Kecamatan Citeureup Tak Gunakan Konsultan

BOGOR – Diduga tidak memakai konsultan pengerjaan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Penataan Taman Tematik di Kecamatan Citeureup dengan anggaran Rp.193.310.308,63, patut dipertanyakan.

Pelaksana pengerjaan tersebut Ajis saat dikonfirmasi terkait progres pengerjaan taman di kantor kecamatan citeureup tersebut mengatakan telah sesuai dengan RAB yang tertera dengan material yang digunakan diantaranya adalah hebel.

Bacaan Lainnya

“Ini hebel, Baru pekerjaan bangku aja si bang buat bangku taman. Lantai dan tanamannya belum,” Jawabnya saat dikonfirmasi perihal pekerjaan taman tersebut, Rabu (13/12/2023).

Lalu ia menyampaikan bahwa memang pengerjaan tersebut di RAB memakai harus hebel dan ia mengaku bahwa tidak memakai pondasi tetapi hanya pakai beton tumbuk sekitar 2 kubik.

“Dianggarannya dan RAB nya pakai hebel si bang. Itu dibawahnya memang pakai beton tumbuk sekitar 2 kubik, kurang lebih 5 kubik lah,” ucapnya.

Menurut pelaksana pengerjaan Penataan Taman Tematik di Kecamatan Citeureup tersebut tidak memakai konsultan hanya pelaksana dan pengawas untuk memantau progres pengerjaan tersebut.

Lalu ia memaparkan bahwa dari dinas yaitu selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) langsung, dan yang memantau secara langsung adalah pelaksana.

Selain itu pekerjaan tidak menggunakan Alat Pelindung Diri seolah olah mengidahkan pekerjaan  tersebut jelas telah melanggar UU K 3 Kesehatan Keselamatan Kerja.

Pekerjaan jika menggunakan anggaran APBD harus diawasi sesuai SOP yang berlaku di dinas DPKPP

Hal ini pejabat  pembuat komitmen agar segera menijau lokasi pekerjaan tersebut.

Reporter : Dede Indriyani

Pos terkait