Diduga Pembangunan Infrastruktur Samisade DD Desa Sukawangi Tidak Sesuai RAB dan Mark up Harga Material

BOGOR – Program Samisade adalah program pemerintah kabupaten bogor untuk membantu percepatan pembangunan desa-desa dengan prioritas infrastruktur jalan di setiap desa.

Pemberian anggaran Samisade dan DD bukanlah cuma cuma, tetapi harus ada pertanggung jawaban dari desa yang menerima nya dalam bentuk laporan pertanggung jawaban (LPJ) secara teknis, juknis dan hukum.

Bacaan Lainnya

Namun sangat di sayangkan program satu milyar satu desa dan Dana Desa yang di terima pemerintah desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur yang di alokasikan untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kampung CatangMalang RT 03RW. 005, dengan volume P. 1650 meter x 2,5 meter x 0,03 meter dengan menggunakan anggaran Samisade  tidak sesuai RAB, Mark up harga dan diduga menggunakan hotmix kualitas rendah.

Hal tersebut di atas juga di perkuat oleh pengakuan warga yang melihat proses pembangunan Ia mengatakan, pembangunan tersebut tidak sesuai papan kegiatan.

“Seperti volume tinggi 0,03 m dan lebar 2,5 m. Kalau pinggiran sesuai, tapi coba dicek tengahnya, pasti tidak sesuai, lebarnya pun tidak merata 2,5 m.”katanya

Dirinya juga berharap, Agar Inspektorat Kabupaten Bogor atau Kejaksaan Kabupaten Bogor segera mengaudit karena diduga terjadi mark up harga, sehingga berdampak merugikan keuangan negara.

“Kami juga meminta kepada APH untuk melakukan pengawasan penggunaan dana lebih ketat agar tepat sasaran dan tidak di selewengkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” pungkasnya.

Sementara saat mencoba menghubungi Kepala Desa Sukawangi untuk melakukan konfirmasi. Namun, kades tidak merespon bahkan minta disambungkan melalui teman yang sudah kenal dengan kades nya pun ternyata pesan WhatsApp atau telpon WA tak gubris. (indri)

Pos terkait