Bulan Suci Ramadan, Warga Karangbahagia Antusias Manfaatkan Pelayanan Botram

KARANGBAHAGIA – Dalam rangka memudahkan pelayanan terhadap masyarakat di bulan suci ramadhan, ribuan masyarakat antusias berbondong-bondong memanfaatkan stand-stand pelayanan yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui program Botram (Berkolaborasi Terus Melayani).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi (Disdukcapil) bekerjasama dengan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 melaksanakan program Botram perdana pada bulan Ramadhan di halaman kantor Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia, pada Sabtu, (16/03/2024).

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, hadirnya Botram ini sebagai upaya untuk memenuhi dan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat secara cepat, tepat, dan gratis serta menjangkau ke setiap desa-desa yang ada di Kabupaten Bekasi. Sehingga melalui program tersebut masyarakat bisa menikmati berbagai pelayanan yang tersedia pada Botram (Berkolaborasi Terus Melayani).

“Ya, saya sangat senang melihat begitu antusiasnya masyarakat Karangbahagia dan ternyata ini memang pelayanan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat. Dimanapun kita hadir masyarakat bisa menikmati pelayanan-pelayanan gratis dan tidak harus datang jauh-jauh ke kantor kecamatan atau kantor dinas,” ujarnya.

Dani menambahkan, program Botram Disdukcapil berencana akan menambah inovasi pelayanan-pelayanan lainnya. Salah satunya seperti pelayanan pembuatan SIM keliling yang langsung menjangkau masyarakat. Sehingga akan memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan tersebut.

“Bahkan nanti ada lagi inovasi yang langsung bisa keliling ke desa-desa terjauh untuk melakukan layanan mobile yang menggunakan mobil layanan. Sehingga masyarakat yang butuh layanan tersebut bisa tinggal menunggu jadwalnya. Seperti SIM keliling tapi bukan hanya SIM melainkan ada pelayanan KTP, BPJS, kesehatan dan juga pendidikan,” tambah Dani.

Melalui program Botram ini, kata Dani, merupakan sebuah komitmen maupun prinsip Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi dalam menyediakan berbagai macam pelayanan yang langsung menyentuh masyarakat di setiap wilayah.

“Kenapa kita targetnya sebulan dua kali, karena kami ingin semua kecamatan dan desa-desanya yang terjauh yang memang jauh dari kantor kecamatan itu bisa terjangkau semuanya,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0509 / Kabupaten Bekasi Letkol Inf Danang W menyampaikan, program Botram juga merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan TMMD ke-119 2024. Bersinergi dengan Pemkab Bekasi menjadikan kegiatan tersebut sebagai momentum masyarakat di bulan ramadhan.

“Wilayah yang belum tersentuh, kami hadir untuk membantu dengan meramaikan kegiatan ini. Selain pelayanan yang ada hari ini, kami juga telah melaksanakan berbagai kegiatan fisik maupun non fisik,” ujarnya.

Dia berharap, dengan hadirnya Botram bersama TMMD ke-119 ini bisa menjadi manfaat bagi masyarakat Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia.

“Selain itu, bisa semakin mendekatkan diri terhadap masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kp. Pulo Besar Desa Karangmukti, Intan Nuraeni (17) mengaku senang dengan hadirnya program kolaboratif seperti Botram ini. Pada kegiatan tersebut Intan membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) sehingga dirinya merasa terbantu dengan adanya pelayanan tersebut di bulan ramadhan ini.

“Kami sebagai warga Kecamatan Karangbahagia mengucapkan terima kasih atas diadakannya program ini. Ini sangat membantu bagi kami untuk mengurus segala dokumen (SKCK) di wilayah kami,” ungkap dia.

Dalam kegiatan Botram pada bulan ramadhan ini hadir stand-stand pelayanan seperti DPPKB, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Kantor Pos, Dinas Pendidikan, Kecamatan Karangbahagia, BPJS Kesehatan, Disnaker, Bapenda, Bank BJB, Disdukcapil dan Samsat. (**)

Pos terkait