Sudah Dikasih Surat Teguran, Pengelola Galian C Bandel Beroperasi

BOGOR – Meski pemerintah kecamatan melalu Kasi Trantib melayangkan surat teguran beberapa  kali, terhadap perusahaan yang melakukan penambangan liar golongan C di kampung malingping RT.08/04 Desa Bantarkuning Kecamatan Cariu kabupaten Bogor, tetapi mereka masih saja beroperasi.

“Padahal kami sudah menegur langsung pihak pengelola dilokasi galian menyerahkan surat kepada pihak pengelola untuk memberhentikan kegiatan sementara, sebelum melaksanakan prosedur berdasrjan ketentuan yang berlaku dengan melengkapi perijinan,” ujar Kasi Ketertiban Umum Kecamatan Cairu Amran Iskandar.

Bacaan Lainnya

Amran menjelaskan banyaknya pengaduan masyarakat kepada pihaknya. Dengan begitu, sudah selayaknya pihak kecamatan menegur pelaku penambangan liar tersebut dengan melayangkan surat resmi agar tidak melaksanakan kegiatannya itu.

“Sebelum pengelola galian memenuhi persyaratan perijinan di galian tersebut surat kami sampaikan kepada pihak pengelola atas nama H. Agus,” jelasnya.

Ada beberapa aspek yang harus dilakukan oleh pihak pengelola galian di antaranya aspek hokum, aspek tehnis dan aspek lingkungan hidup.

“Kami memohon kepada pengelola untuk melakukan beberapa hal yang perlu dilaksanakan mengurus perijinan ke tingkat kabupaten melalui Badan Perijinan Terpadu,” katanya.

Selain itu juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait mengenai aspek teknis, memperhatikan dan mengamankan kondisi lingkungan sekitar galian bahkan wajib mereklamasi setelah adanya kegiatan penambangan,

Terakhir pengelola juga harus memperhatikan dan mengamankan aset jalan transyogi agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain ungkapnya Amran. (Dede Indriyani)

Pos terkait